Tuesday, July 19, 2016

Membuat topologi yang menghubungkan jaringan antar kantor

Assalamualaikum Wr. Wb.

   Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang Cara membuat topologi yang menghubungkan jaringan antar kantor menggunakan Cisco Packet Tracer .

A. Pengertian
    Topologi adalah struktur jaringan fisik yang digunakan untuk mengimplementasikan LAN. Topologi juga sering diartikan sebagai susunan dari beberapa komputer untuk mebentuk sebuah jaringan. Hal ini ditujukan untuk mmepermudah pembuatan jaringannya nanti karena sudah tergambar jelas di topologi yang kita buat.

Topologi yang sering digunakan adalah :
- Topologi bus
- Topologi star
- Topologi Ring
- Topologi Tree
- Topologi Mash
Dari macam- macam topolog yang ada kita akan membuat topologi star.
Kenapa memilih star, karena mempunya kelebihan antara lain:

  • Mudah dipasang dan mudah dalam pengkabelan
  • Tidak mengakibatkan pada jaringan ketika akan memasang atau memindah perangkat jaringan lain.
  • Mudah untuk mendeteksi kerusakan dan memindahkan perangkat yang lain.
B.Latar Belakang
Latar belakang dari pembuatan topologi ini karena topologi adalah hal yang paling mendasar dalam setiap pembuatan jaringan. Jadi topologi inilah yang membawa kemana arah dari sebuah jaringan tersebut, apakah difungsikan sebagai penghubung, atau pembagi dan lain-lain.

C. Tujuan
Tujuan dari pembuatan topologi adalah untuk patokan dalam pembuatan jaringan kedepannya, supaya tersetruktur dan tidak terkesan asal- asalan.

D. Alat dan Bahan
- Seperangkat komputer sehat
- Cisco Packet Tracer.

E. Lankgkah Kerja
Langkah 1
- Buka Cisco Packet Tracer yang sebelumnya sudah di install.

maka tampilan awal dari Cisco Packet Tracer adalah sebagai berikut
Langkah 2
--> Pilih Komputer yang akan bertindak sebagai Client kita. Caranya tekan menu di pojok kiri bawah yaitu "end device" kemudian pilih "generic" disamping kananya dan pasang ditempat yang diinginkan.

Langkah 3
--> Masukan Switch , menu "switch" ada diatas menu "end device" dan pilih 2950-24 karena mempunyai interface yang cukup banyak. Pasang ditempat yang diinginkan.

--> Kemudian sambungkan dengan kabel. menu tersebut ada di menu yang bergambar petir, pilih yang straigh.

Langkah 4
-->Pasang server nya. menu server sama dengan menu PC Client, tetapi server ada disamping pc (Generic). dan sambungkan juga dengan kabel straigh.
--> Pembuatan jaringan local sudah selesai, tinggal memberi router sebagai penghubung antar kedua jaringan tersebut.

Langkah 5
--> Pasang router yang menghubungkan antra kedua jaringan tersebut. Menu router tepat diatas menu "end device". Pilih router dengan jenis 2621XM karena itu adalah router generasi terbaru dan mempunyai processor yang cukup bagus.
--> Sambungkan dengan kabel straigh, kenapa nodenya berwarna merah ?? itu karena interfaces di routernya belum diaktifkan. Jika diaktifkan maka akan berwarna hijau yang artinya sudah terhubung.

F. Kesimpulan
 Topologi sangatlah perlu dalam pembuatan sebuah jaringan, karena topologi yang menjadi acuan pembuatan jaringan tersebut. Sesuaikan topologi dengan kebutuhan sehingga tidak mubadzir apabila sudah terlanjur selesai pembuatan jaringannya tetapi malah tidak terpakai.

G. Referensi 
https://id.wikipedia.org/wiki/Topologi_jaringan

Itu tadi ilmu yang insyaallah bermanfaat. Wassalamualaikum Wr. Wb.

2 komentar


EmoticonEmoticon