Thursday, June 23, 2016

Macam-macam CMS dan kegunaanya

Tags

Assalamualaikum Wr.Wb.

A. Pengertian
   Bagi para web master mungkin sudah familiar dengan yang namanya CMS, tapi bagi para web newbie mungkin masih belum terlalu faham dengan yang namanya cms. Disini saya akan sedikit menjelaskan "apa itu CMS ?".
   CMS (Content Management System) adalah suatu aplikasi tanpa harus membuat koding web atau software web yang ditujukan untuk memudahkan user dalam pengelolaan konten dalam sebuah website/blog tanpa harus mempunyai dasar pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.

Kelebihan CMS :
  1. Waktu pembuatan website lebih cepat.
  2. Tidak perlu mahir dalam menggunakan bahasa pemrograman.
  3. Isi website dapat diubah dengan mudah.
  4. Banyak CMS yang tersedia gratis/open source.
  5. Banyak tersedia ekstensi untuk penambahan fitur dengan cepat.
Kekurangan CMS :
  1. Website akan mempunyai tampilan yang sama dengan website lain.
  2. Fitur dan fungsinya terbatas. Tidak 100% sesuai dengan apa yang user inginkan.
  3. Terbatasnya editing HTML dan PHP.
  4. Untuk website kecil, menggunakan CMS terlalu berlebihan dan untuk website besar, menggunakan CMS terlalu terbatas fiturnya.
   Macam-macam CMS berdasarkan fungsinya :
1. CMS untuk Website
  Para web designer biasanya menggunakan wordpress ataupun joomla, sebenarnya antara wordpress dan joomla tidak jauh berbeda. Tetapi tetap saja antara keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti joomla lebih kompleks daripada wordpress dan tampilan wordpress lebih friendly daripada joomla.

2. CMS untuk E-Commerce/ toko online
   CMS ini sering digunakan dalam membuat toko online, bagi para pengusaha bisa meggunakan "opencart"/"Prestashop" untuk mengembangkan usahanya melalui online shop. Karena sekarang banyak pembeli lebih memilih online shop daripada datang langsung dengan alasan efisiensi biaya dan waktu.

3. CMS untuk E-Learning
    Bagi para pengajar mungkin CMS ini sangat membantu dalam pembelajaran, contoh CMS nya adalah "moodle". Moodle memberikan layanan yang lengkap mulai dari online test, forum, dll. Sayangnya cms ini sedikit rumit dan perlu pemahaman tersendiri dalam menglolanya.

4. CMS untuk Cloud Storage/ Penyimpanan online
    Cloud storage sangat diperlukan karena kita tidak mungkin menyimpan suatu file di harddisk atau flashdisk secara terus menerus, karena sering kali harddisk/flashdisk rusak atau hilang. Maka "Owncloud" hadir untuk mengatasi masalah tersebut, untuk selengkapnya tutorial membuat owncloud.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, artikel diatas masih terbatas karena masih banyak lagi CMS yang bertebaran diinternet. Apabila ada kesalahan atau yang lainnya saya mohon kritik dan sarannya dikomentar. Terimakasih :-)<
Wassalamualaikum Wr.Wb

2 komentar

njir typonya banyak beud bro hahahahaha

hehee, makasih atas masukannya. admin akan segera melakukan pembenahan. Terima kasih.
Baca artikel lain yaa :D


EmoticonEmoticon