Monday, August 8, 2016

Setting Bridging di Mikrotik untuk menggabungkan 2 Ethernet

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini kita akan menggabungkan 2 router MIkrotik nih. Tau biar apa ?? Yaa biar gabung .. Dari pada bingun mending baca sampai akhir yaa..

A. Pengertian
Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke jembatan tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Bridge juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya.

Terdapat tiga macam Bridge Jaringan:

1. Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal. Yaitu bridge yang mengkoneksikan media kabel yang satu dengan media kabel lainnya, contoh penggunaannya dapat dilihat pada hub,switch, atau modem.
2. Bridge Remote: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.
3. Bridge Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel atau beberapa media yang koneksinya media wireless. Aplikasinya dapat di lihat pada fungsi Acces Point untuk implementasi Hostpot.

B. Latar Belakang
Dalam suatu organisasi ataupun perorangan terkadang mempunyai jaringan yang LAN yang lebih dari satu. Kemudian berfikir bagaimana cara menghubungkan semua LAN yang dimiliki sehingga menjadi satu kesatuan dan dapat diakses dengan mudah ? Pada kasus ini lah Bridge digunakan. Karena bridge bekerja untuk menggabungkan Perangkat- Perangkat Jaringan yang diinginkan sesuai ketentuan.

C. Tujuan
Menghubungkan Perangkat jaringan untuk menjadi satu kesatuan supaya dapat diakses dengan mudah tanpa mengkonfigusi routing nya.

D. Alat dan Bahan
- Buah PC/ Laptop
- Buah Router Mikrotik
- 1 Kabel UTP
- Software Winbox

E. Langkah Kerja
1. Hubungkan PC/Laptop dengan Routerboard Mikrotiknya.

2.  Buka Winbox nya kemudian Login dengan upas masing - masing yaa. Yang belum punya winboxnya bisa download disini


3. Klik Interfaces --> Klik menu add/+ . Pilih menu Bridge --> add/+ pada kolom name isi dengan nama yang akan kita buat sebagai identitas bridge kita.


4.  Pilih menu Bridge --> Add/+.
Masukan ethernet yang akan kita Bridge.
Mode isikan dengan yang kita buat tadi.


5. Kita lakukan hal yang sama dengan langkah 4, namun apa ethernet pilih ethernet lain yang akan kita gabungkan dengan ethernet di langkah 4.


Jangan lupa Apply dan OK.

F. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_jaringan
http://www.gatewan.com/2015/01/mengenal-bridge-jaringan-komputer.html

G. Hasil yang Didapat

H. Kesimpulan
Bridge di router mikrotik difungsikan untuk menggabungkan 2 atau lebih interface sehingga dapat diakses dengan subnet yang sama tanpa proses routing.

2 komentar

gan apakai itu tidak looping nantinya .. ?
saya udah pernah coba maka di log mikrotiknya looping gan .. ?


EmoticonEmoticon